Langkah Awal Naik Gunung Bagi Pemula

Langkah Awal Naik Gunung merupakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapa pun baik itu laki-laki, perempuan, anak-anak, orang tua dan manula sekalipun dapat melakukan kegiatan ini. Tentu saja kegiatan pendakian gunung perlu persiapan khusus, apalagi paradigma mendaki gunung adalah kita bermain di alam bebas, bermain di tempat yang tidak lazim ditinggali oleh manusia.

Dalam sebuah perjalanan pendakian ada beberapa Langkah Awal Naik Gunung yang harus dipersiapkan oleh seorang pendaki gunung. Beberapa di antaranya adalah tentang manajemen perjalanan, persiapan fisik dan mental sebelum pendakian, serta yang tak kalah penting adalah persiapan perlengkapan pendakian gunung. Dengan persiapan yang matang diharapkan perjalanan kita akan berjalan sesuai rencana dan terhindar dari bahaya.

Langkah Awal Naik Gunung Sebelum Mendaki Gunung
  1. Tips pertama adalah melakukan perencanaan pendakian dengan matang. Pemilihan lokasi, rute pendakian, kondisi cuaca, jumlah pendaki, jangka waktu, akan mempengaruhi perbekalan dan peralatan yang musti dipersiapkan. Jangan lupa untuk mendapatkan ijin resmi dari pihak-pihak terkait.
  2. Tetapkan terlebih dahulu apakah pendakian yang anda lakukan adalah pendakian massal ( ikut kelompok pendakian ) atau pendakian sendiri bersama teman-teman. Kalau pendakian sendiri, carilah teman yang kira-kira bisa diajak mendaki. Sangat tidak direkomendasikan untuk mendaki seorang diri. kalau bisa, pendakian sebaiknya minimal dilakukan 3 orang . Kalau terjadi sesuatu terhadap satu orang pendaki, teman yang satunya ikut menjaga sedangkan teman satu lagi turun meminta bantuan.
  3. Tetapkan gunung apa yang akan didaki, sepakati bersama dengan teman-teman, gunung yang akan dipilih yang disesuaikan dengan kondisi transportasi, keuangan, fisik, dll. Carilah informasi mengenai gunung tersebut. Pergunakanlah internet dan carilah cerita atau pengalaman dari orang-orang yang sudah pernah mendaki gunung tersebut pastinya akan sangat membantu.
  4. Lakukan persiapan fisik, banyak pendaki yang mengabaikan mengenai hal ini. Mereka mungkin mengiranya mendaki gunung kalau capek istirahat tapi tidak se simpel itu. Persiapan fisik harus dilakukan, namanya mendaki gunung pastinya memang berjalan tapi berjalan dengan menanjak dan turun membawa beban berjam-jam harus membutuhkan fisik yang prima.
  5. Melakukan persiapan konsumsi atau makanan jangan asal-asalan, banyak pendaki yang kehabisan bekal dalam pendakian karena persiapan makanannya yang asal. Persiapan makanan lebih kan tidak ada ruginya, kalau makanan sisa nantinya juga masih bisa dimakan.
  6. Persiapan melawan dingin, yang namanya tempat tinggian apalagi gunung pastilah dingin. Bawalah tenda, jaket atau sleeping bag, kaos kaki, terutama kaos kaki yang tebal nantinya sangat berguna untuk mengusir hawa dingin saat tidur malam hari di tenda.Kalau di atas tadi persiapan melawan dingin,tapi yang ini justru kebalikannya yaitu persiapan melawan panas atau lebih tepatnya melawan sinar matahari. Persiapan ini pasti sangat jarang pendaki yang melakukannya tapi saya yakin banyak pendaki yang pernah mengalami kulitnya ( terutama kulit wajah ) memerah atau mengelupas setelah melakukan pendakian. Cuaca di gunung yang sangat cepat sekali berubah kadang panas,sebentar dingin karena kabut turun, terus panas lagi karena kabut menghilang akan sangat mempengaruhi kulit apalagi anda yang mempunyai kulit sensitif. Bawalah sunblock atau cream penahan sinar matahari lainnya untuk menghadapinya atau kalau anda tidak terlalu peduli dengan hal seperti ini,cukup lindungi bagian tubuh terutama wajah dari sengatan sinar matahari saat mendaki terutama saat summit attack. Jangan sampai setelah mendaki anda tidak berani keluar rumah karena kulit wajah mengelupas.
  7. Untuk obat - obatan bawalah obat diare, paracetamol dan betadin itu wajib di persiapkan. Sakit kepala atau demam sesaat dan diare paling sering dialami biasanya dalam mendaki gunung. Paracetamol untuk sakit kepala dan demam, obat diare untuk diare, betadin  untuk luka lecet-lecet. Jangan lupa bawa tisu basah yang nantinya sangat berguna sewaktu BAB. 
Sekian dulu ulasan Langkah Awal Naik Gunung yang dapat penulis sampaikan, selanjutnya penulis akan menjelaskan tentang peralatan apa saja yang pelu di bawa saat mendaki gunung.

Like it

loading...